SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG ARIFFANDI SAPUTRA

Friday 16 March 2012

AIR CONDITIONER


PENGETAHUAN DASAR TENTANG AC
( AIR CONDITIONER )

A. Pengertian Dasar Tentang  AC (Air Conditioner)
Secara umum pengertian dari AC (Air Conditioner) suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut.
         Secara khusus pengertian dari AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang di gunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.
         Adapun sebab mengapa gas refrigerant di pilih sebagai bahan yang di sirkulasikan, yaitu karena bahan ini mudah menguap dan bentuknya bisa berubah-ubah, yang berbentuk cairan dan gas. Panas yang berada pada pipa kondensor berasal dari gas refrigerant yang di tekan oleh kompressor sehingga bahan tersebut menjadi panas dan pada bagian Automatic Expantion Valve pipa tempat sirkulasi gas refrigerant di perkecil,sehingga tekanannya semakin meningkat dan pada pipa evaporator menjadi dingin.
         Penulis akan menjelaskan cara kerja AC khususnya pada AC split yang paling sering digunakan di Mall, Sekolah, Perkantoran, Perusahaan, dll.

B. Bagian-Bagian AC (Air Conditioner) Beserta Fungsinya.
            a) Compressor (komfersi).
         Yaitu berfungsi untuk memompa gas refrigerant.
            b) Recervoir.
Yaitu berfungsi untuk manyimpan gas dari condensor sebelum di alirkan  ke compressor.
c) Condensor (penguapan).
         Berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur panas
d) Evaporator (pengembunan).
Berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur dingin
            e) Filter Dryer.
Berfungsi sebagai penyaring sisa-sisa kotoran gas dan oli
f) Motor Fan Dan Blower.
Motor berfungsi untuk memutar kipas fan dan blower agar terjadi nya sirkulasi udara. 
C. Prinsip Kerja AC (Air Conditioner)

                             Gambar. Prinsip kerja Air Conditioner (AC)

D. Jenis-jenis AC (Air Conditioner)
1)      AC (Air Conditioner) Split
2)      AC (Air Conditioner) Window
3)      AC (Air Conditioner) Floor Standing  
4)      AC (Air Conditioner) Central
            1) AC Split
         Di lihat dari segi bentuknya AC Split ini memiliki dua bagian yaitu indoor dan uotdoor, compressor pada AC Split in terletak pada bagian outdoornya dan memiliki kipas sebagai alat untuk mengurangi panas yang ada pada pipa kondensornya.
         Sedangkan pada bagian indoornya terdapat pipa evaporator dan motor listrik yang berfungsi memutar blower dan kemudian di keluarkan pada ruangan yang  telah di tentukan sehingga ruangan tersebut menjadi dingin
       Prinsip kerja pada AC Split adalah dimulai dari kompresor. Kompresor memompa gas yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi melalui pipa tekan (Discharge) ke kondensor. Di dalam kondensor suhu gas yang tinggi dibuang oleh Fan yang terletak pada Outdoor unit, sehingga suhu gas refrigerant menjadi dingin. Setelah melalui Condensor gas refrigerant masuk ke Filter Dryer untuk disaring, agar gas yang mengalir tidak terdapat kotoran. Setelah disaring gas (Freon) masuk ke pipa kapiler yang lubangnya begitu kecil, di dalam pipa ini freon saling bertubrukan dan berdesak-desakan disini freon telah berubah wujud menjadi cair yang sebelumnya berupa gas. Setelah melewati pipa kapiler freon akan menguap dan mengambil panas didalam Evaporator yang hampa udara. Sehingga pipa-pipa di evaporator menjadi dingin dan dihembuskan oleh fan motor yang ada dalam Indoor unit.
Setelah melakukan proses pendinginan freon di dalam evaporator, freon kembali disedot masuk kembali melalui pipa hisap (suction) ke dalam Kompresor. Begitulah cara kerja AC, singkatnya freon dipompa oleh kompresor keluar melalui pipa tekan lalu masuk ke condensor lalu ke filter dryer kemudian masuk melalui pipa kapiler menuju evaporator dan kembali ke kompresor melalui pipa hisap (Suction). Proses ini terus berulang ketika AC digunakan.

2) AC Window 
1. Pengertian
Pada AC Window ini memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk lainnya, yaitu antara indoor dan outdoornya memiliki tempat yang sama (menyatu), sehingga tidak memerlukan tambahan pipa antara indoor dan outdoor AC tersebut.
         Didalam pemasangan AC Window ini, kita harus melubangi tembok ruangan yang akan di pasang tersebut. Letak indoornya berada di dalam ruangan dan letak outdoornya berada di luar ruangan, tembok pembatas ini sangat di perlukan agar udara panas yang berada di luar ruangan tidak masuk ke dalam ruangan yang bersuhu rendah, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada compressor AC Window tersebut.
        2. Bagian-bagian AC Window
    a)  Compressor (kompersi)
   Yaitu berfungsi untuk memompa gas freon atau gas Refrigerant ke seluruh sistem AC panas yang diserap dari evaporator dan dikeluarkan melalui kondensor.
b) Condensor (penguapan)
          Yaitu berfungsi untuk membuang temperatur panas pada outdoor.
c)  Recervoir
Berfungsi untuk menyimpan gas dari condensor sebelum dialirkan ke        compressor.
    d) Evaporator
Berfungsi untuk menyerap udara panas menjadi dingin.
    e)  Filter Dryer
Berfungsi untuk menyaring sisa-sisa kotoran gas dan oli.
    f)  Motor Fan dan Blower
Motor berfungsi untuk memutar kipas fan dan blower.
Blower berfungsi untuk mensirkulasikan udara yang berada di sekitar evaporator.
    g)  HPS (High Pressure Switch)
Yaitu berfungsi untuk megukur tekanan tinggi atau kuatnya gas.
    h)  LPS (Low Pressure Switch)
Yaitu berfungsi untuk mengukur tekanan lemah atau rendahnya gas.

3) AC Floor Standing 
         AC Floor standing ini memiliki bentuk yang besar baik pada indoornya maupun pada outdoornya, peletakan AC Floor standing ini yaitu pada bagian indoornya di letakkan pada dasar lantai ruangan yang di lengkapi dengan dudukannya, daerah pada bagian depan indoornya harus lapang hal ini di sebabkan agar sirkulasi udara pada AC Floor standing tersebut tidak terganggu.
         AC Floor standing ini mampu mencapai temperatur terendah hingga kurang lebih 10 derajat celcius sedangkan pemasangan pada bagian indoornya disebelah atas dibuat suatu corong/dakting udara, yang dapat di tempatkan hingga ketinggian 3,5 meter.
         AC Floor standing ini sangat banyak di gunakan pada setiap industri, karena memiliki kapasitas ruangan yang cukup besar dibandingkan dengan AC lainnya dan AC ini biasanya di letakkan dalam suatu ruangan produksi.

4) AC Central 
         Ukuran pada AC ini hampir sama dengan AC Floor standing yang memiliki bentuk dan ukuran cukup besar. Perbedaannya ialah ukurannya dan tempatnya peletakkan pada bagian indoornya. AC Central ini di pasang (di letakkan) pada bagian atas dekat ceilings (plafon), dan AC ini lebih banyak di pasang dalam keadan tergantung.
         AC Central ini memiliki dua buah blower yang di gunakan untuk menghisap suhu dingin pada bagian evaporatornya dan mengeluarkannya keruangan yang telah di tentukan. AC ini biasanya diberi corong udara/dakting pada depan blowernya, sebagai tempat penyalur udara dari blower menuju ruangan. AC ini memiliki filter, yang dipasang pada bagian belakang blower.

E. Masalah-Masalah Yang Di Hadapi
 1. AC (Air Conditioner) yang membeku ( jadi es ).
     AC (Air Conditioner) membeku (jadi es) bisa juga disebabkan karena ACnya kotor, kekurangan gas freon/refrigerant, dan kerusakan pada motor fannya.
        Cara Mengatasinya:
         a)  Kalau AC membeku (jadi es) di sebabkan karena kotor.
   Cara mengatasinya  kita cukup dengan membersihkan bagian-bagian dalam AC yang kotor/mencuci AC tersebut.
b) Kalau filter dryernya mampet compressor bekerja tidak stabil, dapat   menyebabkan compressor overload.
Cara mengetahui filter dryernya mampet dapat dilihat dari pipa katup buangnya dingin, sedangkan normalnya pipa katup buang itu panas, panasnya dapat dilihat dari berapa kapasitas compressor tersebut. Kalau filternya sudah mampet tidak bisa diperbaiki lagi dan kita harus mengganti filter yang baru.
c)  Kalau  Compressor  kekurangan  gas  freon/gas refrigerant maka AC juga bisa menjadi beku (jadi es), karena gas yang dipompa oleh compressor sedikit.

         2. AC Split yang tidak dingin
         AC Split yang tidak dingin, umumnya disebabkan oleh Freon yang habis atau outdoor yang sudah kotor sehingga dalam proses pendinginan tidak maksimal.
Cara Mengatasinya :
a)        Kalau Freon Habis isi kembali dengan memakai Refrigerant 22 menggunakan alat Regulator ke kompresor.
b)        Dan jika kotor bersihkan outdoor unit dengan hati-hati, sebaiknya matikan terlebih dahulu sumber arus pada Outdoor tersebut.

F. Perawatan Pada AC (Air Conditioner)
       Hal yang harus di lakukan agar AC (Air Conditioner) dapat bekerja dengan baik, antar lain:
a)      Lindungi AC dari debu dan air hujan.
b)     Lindungi ruangan AC dari asap, bau yang tidak sedap dan tidak terlalu panas.
c)      Untuk mengurangi pemborosan bahan AC ruangan, cegah udara luar terlalu banyak masuk secara langsung kedalam ruangan yang dipasang AC.
d)     Bersihkan kisi-kisi ventilasi Evaporator dari kotoran debu minimal 3 kali dalam satu tahun.
e)      Lakukan perawatan pada AC sesering mungkin agar AC tersebut berfungsi dengan baik dan dapat digunakan lebih lama oleh pemakainya.
f)       Perbaikilah langsung bagian AC yang mengalami kerusakan, baik itu kerusakan yang besar ataupun kerusakan kecil.
g)      Jangan biarkan kondisi AC menyala terus-menerus, jika tidak di gunakan segeralah matikan AC. 

65 comments:

  1. Gan, gambarnya itu sumbernya dari mana? Thanks ye..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambarnya itu sebenarnya, prinsip kerja pada ac mobil, cara kerjanya sama kok ma ac jenis lain...

      Delete
    2. Gan kapan artikelnya di Update makasih gan. Kalau service AC disini saja

      Delete
  2. numpang nnya boss
    ac itu gunanya untuk apa?? pendingin atau peningkatan suhu didalam ruangan ?

    ReplyDelete
  3. ijin ambil artikelnya mas.
    suwun sebelumnya

    ReplyDelete
  4. siip broo.. salam dari saya jurusan ac

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mau tanya .. saya baru pasang ac baru merk Gree 1/2 pk.. sewaktu pemasangan jalan 3 menit. Aliran listrik terputus ( daya listrik lebih dr cukup).. setelah sy cek di unit outdoor nya pipanya panas.. tekanan gas freon dlm kondisi mesin mati 180 psi. Kira2 apa penyebab nya. .. thx

    ReplyDelete
  7. tks info ny bree .. bermanfaat bgt

    http://polarinxinindo.co.id

    ReplyDelete
  8. tks info ny bree .. bermanfaat bgt

    http://polarinxinindo.co.id

    ReplyDelete
  9. nice info bro....

    titip lapak ya...he..he

    http://aircoolteknik.com/

    ReplyDelete
  10. MARULLOH
    HP : 0856 9453 7011

    Email : ullohkeren@gmail.com

    PRIMA INTERNUSA
    Contraktor , Supplier & Distributor
    Specialist Work : Hot, cold Insulation, Personnel Protection, Ducting , Refactory , Acoustics/ Peredam Suara, Install Pipe, Jacketing Tangki, Polyken denso brand wrapping insulation. Pipa hidran, pipa steam , Pipa boiler. Dan Lain-Lain.

    http://glasswoolblanket.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. Infonya sangat menarik..thank's Gan
    http://www.infokurnia.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Trima kasih bt inpoh nya, gan. Boleh nanya2? Ac rmh ane jg ud mulai membeku & angin nya kecil & tidak dingin. Kl liat inpoh di sini, ud ad kiat2 serpis nya. Tp kl mnrt tk serpis ac yg ane panggil, ac ane bocor & perlu dilas. Gmn mnrt agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan, coba aja agan cuci ac nya... mgkin pengaruh dari kotoran yang udah tebal....

      Delete
  13. salam..saya nk tumpag tanya..apakah punca arus elektrik menjadi tinggi sehingga mencecah pengunaan 10I untuk 1 aircon 1.5hp..saya confirm melalui cek meter dari staf TNB..pls reply..tqvm..

    ReplyDelete
  14. salam..saya nk tumpag tanya..apakah punca arus elektrik menjadi tinggi sehingga mencecah pengunaan 10I untuk 1 aircon 1.5hp..saya confirm melalui cek meter dari staf TNB..pls reply..tqvm..

    ReplyDelete
  15. thx infonya..
    ijin share ulang gan di http://reparasielektronikbandung.blogspot.co.id/
    makasih :)

    ReplyDelete
  16. Thanks
    Http://gscp-serviceacpekanbaru.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. Ternyata begitu cara mengatasi AC yang membeku, terima kasih infonya.. AC SPLIT

    ReplyDelete
  18. mantab ilmu saya mengenai ac semakin bertambah. saya juga ada nih nih.. info seputar dunia ac coba cek di Service AC Surabaya, Service AC Sidoarjo

    ReplyDelete
  19. salam kenal gan..
    ilmunya sangat bermanfaat.. :D

    jangan lupa mampir ya.. http://serviceacjakarta.co/p/home.html

    ReplyDelete
  20. thanks reviewnya mantab infonya. saya juga ada artikel banyak mengenai ac silahkan kunjungi di service ac sidoarjo

    ReplyDelete
  21. Terimakasih mas, artikelnya bermanfaat. Semua komponen diatas butuh perawatan. Apalagi perawatan AC di Indonesia sangat tinggi karena termasuk negara yang udaranya panas.

    ReplyDelete

  22. Perihal : Penawaran Bank Garansi,Surety Bond & SP2D( Tanpa Agunan )

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. TEGAR MANDIRI BERSAUDARA (Akte Pendirian No:78 Tahun 2010) Dimana perusahaan kami telah resmi di tunjuk untuk memasarkan penerbitan Bank Garansi & Asuransi tanpa agunan. Dengan sertifikat ke agenan No: ASK–00045.11.03.14. Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, VICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA), dan kami juga bisa membantu Jasa asuransi : CAR, CGL, WCL, EAR, PAR, AL, Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral).


    Catatan : Bank Garansi Untuk Semua Jaminan Kita Bantu Non Collateral & Tanpa Buka Rekening.

    --
    Best Regest,
    Hendro Nauli Nasution
    Marketing Manager

    PT. TEGAR MANDIRI BERSAUDARA
    Insurance Agency & Guarantee Bank
    Jl. ARJUNA III No.38 Utan Kayu Selatan,Matraman Jakarta Timur
    Phone : (021)8590 8022 ( Hunting ) 8590 7632
    Fax : (021) 8590 7982
    Phonsel :0812 8117 3339
    Pin Bbm:56AEDB1F
    Whatapp:0812 8117 3339
    Email :hendronasution18@gmail.com

    ReplyDelete
  23. maaf master mau tanya klu ac standing frool 5 pk. pipa yg besar nya ngebeku. sma tekanan freon nya 50 psi itu kenpah??

    ReplyDelete
  24. ilmu AC nya bermanfaat, tambahan aja.. untuk masalah perlindungan terhadap AC ternyata AC Gree yang paling lama tenggang waktu garansinya hingga 5 tahun untuk outdoornya..

    ReplyDelete
  25. Makasih gan atas berbagi ilmunya,sangat bermanfaat buat kita yg masih newbi.Smoga dimudahkn.

    ReplyDelete
  26. Makasih gan atas berbagi ilmunya,sangat bermanfaat buat kita yg masih newbi.Smoga dimudahkn.

    ReplyDelete
  27. Makasih gan atas berbagi ilmunya,sangat bermanfaat buat kita yg masih newbi.Smoga dimudahkn.

    ReplyDelete
  28. Nice share. Please share this too.

    1. Troy-Bilt XP Squall 2160 XP 21-in Single-stage Gas Snow Blower : http://www.toolsbuff.com/products/Troy%252dBilt-XP-Squall-2160-XP-21%252din-Single%252dstage-Gas-Snow-Blower.html

    2. SIMPSON 4200-PSI 3.5-GPM Water Gas Pressure Washer : http://www.toolsbuff.com/products/SIMPSON-4200%252dPSI-3.5%252dGPM-Water-Gas-Pressure-Washer.html

    3. Briggs & Stratton PowerSmart 2600-Running-Watt Inverter Portable Generator with Briggs & Stratton Engine : http://www.toolsbuff.com/products/Briggs-%26-Stratton-PowerSmart-2600%252dRunning%252dWatt-Inverter-Portable-Generator-with-Briggs-%26-Stratton-Engine.html

    4. Toysmith Caterpillar Cat Take A Part Wheel Loader : http://www.toolsbuff.com/products/Toysmith-Caterpillar-Cat-Take-A-Part-Wheel-Loader.html

    5. Tamiya M3 GT2 2009 RC BMW Vehicle : http://www.toolsbuff.com/products/Tamiya-M3-GT2-2009-RC-BMW-Vehicle.html

    6. Agilent HP 8714ES 30KHz to 3GHz RF Network Analyzer : http://www.toolsbuff.com/products/Agilent-HP-8714ES-30KHz-to-3GHz-RF-Network-Analyzer.html

    ReplyDelete
  29. bang mau tanya,kenapa masang AC itu harus di atas...? trmkasih

    ReplyDelete
  30. Terimakasih untuk Sharing Artikelnya ya,
    Sekedar info bagi yang membutuhkan Jasa Sewa AC Murah bisa menghubungi kami ya.

    Kami dari Arthur Teknik,
    Info lebih lengkap tentang perusahaan kami bisa dilihat di sini : http://id.arthurteknik.com

    ReplyDelete
  31. Infonya detil banget .. thank you buat informasinya gan.. numpang share link sedikit ya gan
    Kunjungi Jasa Service ACberkualitas dan terbaik !

    ReplyDelete
  32. Ac aku tuh mati2 udah di benerin tapi tetep aja suka mati matian itu kenapa ya apakah dari ac nya atau setting remote nya ?

    ReplyDelete
  33. Kadang tukang ac pun sangat membantu sekali untuk mengatasi kerusakan yang dialami oleh mesin pendingin (AC).

    ReplyDelete
  34. Pak bos mau nanya.kenapa di dalam indor ac saya ada suara kemricik air ya.terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  35. Boleh nanya gak? The best hvac system untuk rumah apa sih?

    ReplyDelete
  36. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan Chemical yang tepat kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. artikelnya menarik, ijin share di page fb kami ya.
    salam,.

    kalo butuh service AC daerah Tangsel (Pdk Aren, Bintaro dan sekitar serpong) silakan hubungi kami. Terimakasih

    Mulya Technical Service
    Service AC daerah Tangsel

    ReplyDelete
  39. [img]https://i.imgur.com/LxEDSzI.png[/img]

    Halo guys untuk kalian yang sedang mencari situs game casino dan slot online yang sedang mencari situs game online yang memberikan promo menarik kalian bisa mencoba bermain bersama kami BVGaming yang memberikan promo menarik untuk kalian semua, tidak hanya promo itu saja ada banyak sekali promo yang bisa kalian dapatkan.

    * Bonus Welcome New Member 15% Untuk Semua Permainan

    * Bonus Daily Reload 10% Slot Online

    * Bonus Daily Reload 5% SPORTSBOOKS

    * Bonus Daily Reload 5% Sabung Ayam Online

    * Bonus Daily Reload 5% Live Casino

    * Bonus 8x/9x/10x Win Streak Sabung Ayam

    * Bonus Cashback Sportbooks & Sabung Ayam Online CASHBACK 5 – 10%

    * Bonus Rollingan Permainan Live Casino & Slot Sampai Dengan 1%

    * Bonus Special Referral BVGaming

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN BONUS TERBESAR YANG KAMI BERIKAN

    https://linktr.ee/BVGaming30


    ReplyDelete
  40. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    ReplyDelete
  41. KRISTALQQ adalah situs resmi permainan kartu Online terlengkap aman dan terpercaya dengan server kualitas terbaik dan tercepat tanpa admin ataupun robot yang ikut bermain bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete
  42. You have a good point here!I totally agree with what you have said!!Thanks for sharing your views...hope more people will read this article!!! HVAC maintenance contracts

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete